Oct 17, 2011

KLEPTOMANIA

Di dalam kelas sebuah sma, kehilangan handphone, selidik punya selidik, barang tersebut ternyata di curi oleh murid lain teman sekelasnya. Yang mengejutkan, sang pencuri adalah anak orang kayak, bagaimana mungkin anak orangkaya mencuri sebuah handphone.?. Ternyata hasil diagnosa medis menunjukan murid tersebut menderita Kleptomania. Penyakit ini umum muncul pada masa puber dan sampai dewasa, Pada beberapa kasus kleptomania diderita seumur hidup. Penderita juga mungkin memiliki kelainan jiwa lainnya, seperti kelainan emosi, Bulima Nervosa, paranoid, schizod atau borderline personality disorder. Kleptomania dapat muncul setelah terjadi cedera otak traumatik dan keracunan karbon monoksida.
Kleptomania juga merupakan suatu gangguan psychis (gangguan kejiawaan) yang disebabkan pengalaman dan perilaku masa kecil yang mendalam dan banyak faktor yang membuat kebiasaaan itu semakin tumbuh. gangguan kejiwaan semacam itu bukan karena khayalan atau halusinasi, sehingga pengidap kleptomania juga bisa didiagnosa dan diobservasi dari kebiasaan dan kelakuan yang mereka lakukan ketika melihat barang atau sesuatu yang dimiliki orang.
Mereka melakukan pencurian kecil kecilan bukan karena cemburu atau benci terhadap orang yang mempunyai barang tertentu tetapi hanya karena ada dorongan yang mempunyai barang tertentu tetapi hanya karena ada dorongan dari otaknya untuk melakukan pengambilan barang itu yang menjadi semacam tantangan untuk membuktikan pada dirinya bahwa dia bisa melakukan itu tanpa diketahui oleh orang yang punya.
Siapa saja orang yang mengidap kleptomania adalah orang yang tidak bisa mengontrol dirinya untuk menahan keinginan mengambil sesuatu milik orang lain(melakukan pencurian). tidak ada batasan umur atau jabatan atau orang itu kaya dan miskin, wanita atau pria, anak atau dewasa. Kleptomania bisa terjadi kepada siapa saja dan dimanapun berada.
Para Kleptomania melakukan pencurian bukan untuk memnuhi kebutuhan pribadinya sendiri atau untuk memenuhi rasa kepuasan yang menguasai pikirannya, sehingga kadang-kadang para kleptomania setelah mencurinya, akan membuang begitu saja hasil curiannya atau diberikan kepada orang lain sebagai hadiah seolah-olah itu miliknya.
Mereka yang mengidap kleptomania tidak mencuri barang-barang yang mahal saja tetapi juga barabg kecil dimana barang itu berguna untuk dirinya sendiri. maka dari itu kita bisa membedakan antara pencuri biasa (kejahatan yang disengaja atau lkriminal murni) dan pengidap kleptomania.Biasa para keluarga tidak mengijinkan mereka pergi ke supermarket sendiri atau ikut datang ke rumah tetangga karena disanalah biasanya mereka beraksi dengan perasaan yang sangat menggebu karena melihat barang yang mereka pikir gampang sekali untuk di curi.
Kleptomania bisa disebabkan oleh beberapa faktor selain genetika tetapi kebanyakan yang terjadi adalah ketika masa muda mereka kurang perhatian dan banyak menghadapi masalah misalnya ADHD ( Attention Deficit Hyperactief Disorder). Mereka dengan cara itu akan mendapatkan perhatian sehingga terjadilah reaksi yang kadang membuat mereka ketagihan dan kan terus mengulangi-nya, dan mereka akan merasa bahagia dalam hatinya ketika mereka tertangkap basah karena merasa di perhatikan. Ini dapat dilihat dari gaya dan cara menjawab pertanyaan seolah-olah itu kejadian biasa, sehingga saat itu tumbuh rasa ingin mengulaninya kembali untuk mendapatkan perhatian.
kadang kita bingung menghadapi orang yang kleptomania dalam memberikan hukuman karena kleptomania adalah penyakit yang tanpa disadari oleh pelakunya merugikan orang lain ( disini perlu adanya psikologi atau psikiater atau kriminolog )
Maka kita mengidentifikasi di kalangan keluarga sendiri, tetangga atau anak-anak kita ada yang kira-kira suka meminjam barang dan tidak mau mengembalikannya, mengambil sesuatu tanpa permisi yang punya barang. Untuk orang dewasa cepat alihkan terhadap kreatifitas rutin yang kira-kira jauh dari hal-hal yang dapat membuat mereka memiliki perhatian terhadap barang-barang yang dapat memancing untuk dicuri, untuk menghindari keinginan-keinginan memiliki barang orang.
sekian dan terimakasih ulasan ini mudah-mudahan membawa manfaat untuk teman blogger....

AKTUAL NEWS ONLINE

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

Komen yang bijak sangat di nantikan...! Terimakasih..