Oct 19, 2011


Sesuatu yang baru tentunya perlu dipelajari dengan sungguh - sungguh , utamanya bagi seorang Blogger yang notabene adalah penulis Online yang siap bersaing dengan berbagai penulis lainnya di dunia Maya .

Hal ini juga perlu diperhatikan oleh Internet Marketer yang tentu saja harus memperhatikan 'kata kunci' produk yang akan dipasarkannya . Oleh karena itu kita harus mempelajari Algoritma dari Google itu sendiri .

Berdasarkan penuturan teman dari sahabat saya , kali ini Google merubah Algoritma menjadi sesuatu yang unik dan tidak sembarang unik sehingga banyak yang menyebutnya Algoritma si Panda .

Ada beberapa point yang dapat memberikan kita pemahaman tentang Algoritma si Panda atau Google tersebut, seperti:

10 Hal Tentang Algoritma "Si Panda" Google

1. Algoritma baru Google berganti ke sistem lain , dari sistem semulanya deIndex . Algoritma baru Google ini anti terhadap "content farm".

2. Sebagai dampak dari Algoritma baru ini , index dari content farm ditekan hingga ke pencarian akhir , akibatnya banyak konten yang dianggap hilang oleh ownernya padahal karena kebanyakan mereka tersingkir dari halaman pencarian teratas . Akibatnya trafik / pengunjung dari search engine menurun bahkan drastis , kondisi ini disebut sebagai Google adalah 'de-ranked'.

3. Kebanyakan analisator mengatakan , kesempatan ini adalah kesempatan emas buat original content untuk menjadi posisi teratas atau halaman pertama . Namun dari analisis teman saya , disini adalah masalah utama , karena algoritma baru Google ini akan mengutamakan situs - situs yang resmi atau yang kita kenal denga "authoritative site".

4. Apa itu authoritative site? Kalau dahulu hasil pencarian dari Wikipedia merajalela di halaman pertama , sekarang adalah zaman keemasan untuk situs dengan akhiran *.gov di laman pertama pencarian. Jika diibaratkan , algoritma baru ini lebih senang dengan situs 'plat merah' dibanding 'plat hitam'.

5. Untuk kondisi ini kita mengumpamakan Algoritma ini bersifat umum untuk semua situs , untuk situs - situs auto , robot , copy-paste , dan de-index jangan berkecil hati dulu . Karena belum tentu Algoritma Google akan langsung mendepak konten-konten kalian di mesin pencari . Jika dilihat dari pengalaman , Google juga mencari situs - situs yang sesuai dengan Algoritma-nya dan tidak suka dengan yang ribet .

6. Dari pendapat teman saya lagi , kalau blog kawan - kawan diperingatkan oleh Google , hal itu bsia jadi karena selama ini terlalu 'dekat' dengan situs atau web dengan content farm . Kalau artikel maupun direktori di 'cap merah' oleh Google sebaiknya anda menjauhi situs - situs content farm tersebut . Kalau diumpamakan situs tersebut 'underseeing' dari Google , maka segala aktivitasnya akan direkam oleh Google.

7. Sedangkan kabar tidak mengenakkan dari algoritma baru ini , kabarnya algoritma baru ini baru rolling 12% database google terutama untuk Amerika. Jadi waspadalah kepada konten - konten di luar Amerika tinggal menunggu giliran saja .

8. Hal yang banyak didiskusikan sekarang ini adalah masa depan SEO -Search Engine Optimalization- yang selama ini diandalkan oleh para Blogger untuk meraih posisi teratas . Sedangkan algoritma baru Google lebih condong ke "authoritative site . Apakah backlink masih mendongkrak SERP ? Masih pertanyaan besar .

9. Apa motif dibalik kebijakan algoritma baru ini ? Hal ini disebabkan karena Google sekarang lebih condong ke Bisnis Internet dibanding Edukasi dan Pencarian Akurat , menurut rilis pendapatan Google tahun 2010 sebanyak 30 milliar dolar adalah pendapatan dari Google yang lebih dari 90% berasal dari Google Adword.

10. Lalu bagaimana dengan nasib kita ? Para Blogger yang kebanyakan mengandalkan kebaikan hati dari Google , apakah kita harus pindah ke lain hati ? , maksud saya ke mesin pencari lainnya ?. Padahal seperti kita tahu kita sudah sehidup semati dengan Google . Menurut saya hanya ada dua pilihan , apakah anda berkoalisi ataukah anda beroposisi dnegan Google . Ibarat dalam pemerintahan , kita lebih condong kepada empunya mesin pencari atau bahkan membuat tandingannya .

Dengan demikian tentu sudah dapat menalarkan motif sebenarnya dari Algoritma terbaru Google ini , bukan ?
baca juga : Situs yang terkena dampak Algoritma baru Google

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Related : Algoritma terbaru Google 2011

0 comments:

Post a Comment

Komen yang bijak sangat di nantikan...! Terimakasih..

Follow by Email

Google+ Badge

Google+ Followers

My ID

qr code