Sep 22, 2011

Cara daftar Google Analytics

Anda butuh plugin Google Analytics for WordPress untuk melihat statistik perkembangan website anda. Dengan adanya statistik, maka anda akan punya data untuk menjadi acuan atau arahan yang jelas mengenai website anda.
Lihat Cara Install Plugin WordPress Secara Umum untuk mengsintall  plugin ini. Setelah anda menginstall dan mengaktifkan plugin Google Analytics for WordPress atau blogspot. Anda membutuhkan kode UA string untuk mensetting plugin ini agar anda dapat gunakan.
Sebelumnya anda harus punya akun Gmail dulu untuk login ke http://google.com/analytics. Langkah-langkah untuk mendapatkan kode UA String adalah sebagai berikut :
1. Login ke situs http://google.com/analytics . Kik tombol Access Analytics.
google analytics
2. Login menggunakan akun Gmail anda. Lalu klik tombol Sign in.sign in
3. Tampil halaman Getting Started. Klik tombol Sign up.
sign up

4. Sekarang masukkan alamat URL blog anda yang akan didaftarkan ke Google Analytics.  Account name akan otomatis terbentuk, biarkan default. Untuk pilihan Time zone country or territory, anda pilih Indonesia. Untuk pilihan time , pilih GMT (+07) Jakarta. Lalu klik tombol Continue.
continue
5. Selanjutnya, masukkan nama belakang dan nama depan anda,. Pilih negara Indonesia.Lalu klik tombol Continue lagi.
new account
6. Keluar tampilan mengenai peraturan Google Analytics. Jika anda setuju, beri centang pada opsi “Yes, I agree to the above terms and conditions yang ada dihalaman bawah. Lalu klik Create New Account.
new account sign up 1new account sign up 2

7 Tampil halaman Analytics : Tracking Instructionsyang berisi petunjuk untuk menggunakan Google Analytic. Pastikan tulisan A single domain (default) tercentang.
tracking instruction 1 tracking instruction 2

8. Lalu klik tombol Save and Finish.
9. Selanjutnya tampil lagi halaman Overview Google Analytic dan UA strings anda sudah ada. Kopi nomor kode string ini secara lengkap berikut tulisan UA-nya . contoh :
http://rilexnet.blogspot.com
UA-24901194-1
 .
ua number
10. Sekarang anda masuk ke halaman admin dashboard WordPress anda. Masuk ke menu Plugin, Klik PluginsGoogle Analytic- Setting. Klik pada tulisan “You must select which Analytics Profile to track .
plugin google analytic


11. Tampil halaman Google Analytic Settings. Pada kolom Account , masukkan Account name yang terbentuk pada langkah 4 di atas. (contoh: caramembuatblog.info) Sedangkan pada kolom Profile masukkan account name ditambah nomor UA string. Contoh: caramembuatblog.info UA-24901194-1


plugin akun aktivasi
12. Scroll down sedikit kebawah lalu klik tombol Update Google Analytics Settings.

yes account
13. Tampil halaman persyaratan.beri centang pada kolom Yes, I agree to terms and conditions.
plugin grant acces
14. Tampil halaman Google Analytics. Klik tombol Grant Access agar anda dapat masuk ke Google Analytics.
15. Untuk memulai statistik anda, masuk kembali ke http://google.com/analytics.
ua number
16. Lalu klik View report. Saat ini statistik anda masih kosong kembalilah lagi esok hari atau seminggu kemudian untuk melihat statistik pengunjung blog anda.
17. Selesai
Selamat mencoba..... .

AKTUAL NEWS ONLINE

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

Komen yang bijak sangat di nantikan...! Terimakasih..