Aug 2, 2011

cara pasang google analytics di blogdetik

Beberapa hari yang lalu, banyak kawan dblogger bingung memasang google analytics. tool yang mampu menampilkan berbagai infomasi penting terkait kunjungan blog. bagaimana pengunjung berinteraksi dan menemukan blog kita.
google analytics merupakan solusi analisis web tingkat perusahaan yang memberikan wawasan kaya tentang kunjungan situs web dan efektivitas pemasaran. kini, fitur yang canggih, luwes, serta mudah digunakan membuat anda dapat melihat dan menganalisis data kunjungan dengan cara baru.
google-analytic
ibaratnya, google analytics adalah ahli statistik blog yang cerdas dan gratis untuk mencatat, mengolah dan menyajikan informasi kunjungan. dengan demikian, kita dapat menentukan seperti apa blog kita akan kita kembangkan di kemudian hari. jadi rasanya, ini tool ‘wajib’ bagi setiap blogger :)

mendaftar google analytic

buka web resmi google analytic dan silahkan mendaftar. jika belum gmail, maka anda harus mendaftar account google terlebih dahulu. isi data yang dibutuhkan seperti account, website, nama pengguna dan term of conditions.
googleanalytics1

memasang track code google analytics

setelah selesai mengisi data, berarti anda sudah memiliki account google analytics. langkah berikutnya, melakukan salin tempel (copy paste). copy semua track code google analytic.
googleanalytics2
buka dashboard -> appearearance –> widgets pada blog kita. kemudian add “widgetize any html” atau ‘text” widget dan salin track code tersebut diatas.
setelah copy paste track code, buka pada halaman home/setting google analytics. perhatikan pada kolom “status” pada tabel “website profile”. klik “check status”  sehingga google analytics melakukan verifikasi data apakah kode tadi telah terpasang dengan baik di blog anda. bersabarlah, karena meskipun sudah benar terpasang kodenya, biasanya google memerlukan waktu untuk verifikasi.

verifikasi data/status

silahkan menunggu google analytics melakukan verifikasi data kurang lebih 1 x 24 jam. biasanya lebih cepat dari itu. dan jika sudah berhasil, maka akan muncul ikon “tanda centrang’ dalam kolom status.
googleanalytics3
status “receiving data’ dengan tanda centrang tersebut, maka selanjutnya kita dapat melihat dan menganalisa laporan-laporan yang dibuat oleh google analytics terhadap blog kita. informasi yang tersaji pun sangat menarik, silahkan menikmati. ‘
selamat mencoba!

AKTUAL NEWS ONLINE

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment

Komen yang bijak sangat di nantikan...! Terimakasih..